Bab 3 Strategi Web Plan dan Implementasinya

1.       Pengantar Strategi Web Plan

Strategi adalah fokus. Strategi website memiliki fokus sbb:

  • Fokus pada selected target markets

  • Fokus pada selected target needs dan selected website offerings

  • Fokus pada keunggulan perusahaan/website


Strategi umum website dalam urutan proporsi nilainya adalah:

  • Kelebihan utama apa yang ditawarkan

  • Siapakah pasar sasarannya

  • Pada tingkat harga berapa


a.       Strategi Piramida

 



b.      Batasan Kompetitif Website

Hal klasik dari batasan kompetitif adalah hal-hal yang berdasarkan pada kepemilikan teknologi dan perlindungan hak paten (terbukti hingga tahun 2012 ini dimana banyk yang saling berlomba dan mengklaim paten). Nilai yang mendorong ke batasan kompetitif :

  • Kecepatan Loading

  • Content yang menyegarkan

  • Pemasaran leverage

  • Kepercayaan


Batasa kompetitif bisa berupa customer base (HP), image+ awarness (compaq), quality control (IBM)

c.       Strategi Pemasaran Website

Kehidupan website sangat bergantung pada traffic, dan traffic bergantung pada pemasaran.

  • Website tanpa traffic sama artinya dengan website tanpa tujuan karena tak seorangpun tahu

  • Website tidak akan mendatangkan traffic dengan sendirinya

  • Traffic membutuhkan pemasaran

  • Masa keemasa internet sudah berakhir


2.       Model Bisnis

  • Portofolio Site, site yang sekedar memberikan informasi terhadap suatu bisnis/perusahaan.

  • Basic Commerce Model, site yang bertujuan untuk menjual suatu produk dan memperoleh keuntungan.

  • Content Model, site yang lebih merip sepert surat kabar/majalah yang memberikan informasi secara gratis dan mendapatkan uang dari pengiklan.

  • Community Sites, site yang berupa komunitas sebuah klub, grup atau organisasi pemerintah.


3.       Site Positioning

Site positioning sama halnya dengan product positioning.

a.       Tujuan dan Misi Website

  • Objek website, buatlah objek terkonsentrasi dan dapat diukur.

  • Misi website, misi perusahaan harus dapat menjelaskan tujuan yang tersirat.

  • Keterlibatan dalam bisnis, tentukan bisnis apa yang digeluti agar tetap mengikuti pasar.

  • Kepuasan konsumen

  • Filosofi tempat kerja


b.      Milestone dan Implementasinya

Implementasi yang sukses diawali dengan rencana yang bagusyang penuh dengan informasi spesifik pada milestone, manajer, tanggung jawab, tanggal, dan anggaran.



4.       Analisis Variance

Variance lebih sering dilupakan dibanding setengah dari penganggaran lainnya. Banyak bisnis terutama bisnis kecil mengabaikan atau melupakan separuh hal lain dalam penganggaran. Anggaran terlalu sering diajukan, didiskusikan, diterima, dan dilupakan. Analisis variance melihat setelah kejadian atas apa yang menyebabkan perbedaan antara perencanaan dengan yang terjadi sebenarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tipus

Plin Plan

Indonesia 18 A