Bab 2 Perencanaan Web

1.       Pendahuluan

Inti dari perencanaan dan situasi bisnis adalah isinya, karena didalamnya dimungkinkan untuk melakukan penambahan atau pengurangan agar sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa komponen standar yang tidak bisa diabaikan yaitu:

  • Analisis Pasar, terdiri dari analisis pasar sasaran, riset pasar, dan perkiraan pasar

  • Strategi Website, meliputi: fokus strategi, visi misi, strategi pengembanga, dan strategi pemasaran

  • Ramalan Penjualan, memiliki keuntungan spesefik seperti bentuk penjualan, pengurangan biaya, dan keuntungan lain

  • Anggaran Pengeluaran, pengembangan website, back end, front end, taktik, promosi, dan tanggung jawab manajemen


2.       Skema Web Plan

Inti rencana dan situasi pasar dari sebuah bisnis atau organisasi adalah isi/content . Meskipun banyak hal yang ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan tetapi semua tidak terlepas dari content tersebut.

3.       Tabel-Tabel Penting dalam Web Plan

a.       Ramalan Pasar
Menganalisa pasar berdasarkan segmentasi dan project market growth selama lima tahun.

b.      Perkiraan Trafic
Estimasi traffic yang kan masuk yang bisa dilihat dari page view, session, dll

Terdiri dari :

  • Ramalan Penjualan

  • Anggaran Pengeluaran

  • Milestone

  • Ilustrasi angka-angka menggunakan grafik


4.       Publising sebagai Bentuk Manajemen

Bahaya terburuk dalam membangun perencanaan yaitu tidak bisa mengimplementasikannya. Publikasi adalah mendistribusikan rencana dimana seluruh manajer dapat melihatnya.

a.       Final Edit

Selalu melakukan pengeditan atas perencaan yang dibuat, karena seringkali terjadi kesalahan kata maupun angka yang akan mempengaruhi minat pembaca.

b.      Presentasi

Presentasi penting untuk mengkomunikasikan maksud dan tujuan. Presntasi harus dapat menperjelas informasi, memberikan kejernihan dan pertolongan dalam memahmi informasi.

c.       Dokumen Cetak

Kadang sebuah perencaaan baru bisa dianggap nyata karena keberadaan dokumen fisik. Buatlah dokumen sejelas mungkin dan menarik tidak terlalu norak tapi mudah dipahami.

5.       Berhasil Secara Online

Faktor kunci kesuksesan bisnis online

  • Menjual produk pada tingkat gross margin yang tepat untuk mempertahankan model bisnis yang menguntungkan

  • Menawarkan kepada customer online proposisi nilai yg meyakinkan

  • Memastikan customer aquisition berada pada tingkat jumlah penjualan yang sama

  • Memberikan kepada konsumen untuk memanfaatkan web bersahabat untuk mengikat pengunjung

  • Penca[aian trafic pengunjung yang signifikansecara terus menerus

  • Pengaturan efektivitas biaya dan efesiensi produk

  • Memberikan customer support terbaik melalui multiple touch point


a.       Bertahan dalam Revolusi Internet

Cepatnya perkembangan bisnis model mendorong internet menciptakan hubungan yang sangat erat yang disebut sebagai business web atau b-web.

b.      Tips bagi Advertiser Offline Berpindah ke Online

  • Jangan sia-siakan uang anda dalam branding online

  • Jadikan tujuan advertising sebagai sebuah orientasi

  • Mengambil keuntungan inovasi dari iklan online


 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tipus

Plin Plan

Indonesia 18 A