Di Karimunjawa Kami Berjumpa

Karimunjawa, suatu tempat yg entah kapan mau kesini tapi akhirnya dengan perencaanaan yg dadakan (seperti biasa, emng seharusnya begitu) jadi juga saya menginjakkan kaki di tanah karimun nan eksotis.
Rencana awal yang cukup berbelit-belit, antara jadi ikut ato tidak, tarik ulur dari h-7 sampai h-3 dan kepastian ikut sepertinya di h-2..hhhe, padahal tiket tour disana dan tiket bus ke jepara udah dipesan.
Maka jadilah kami bertiga, aq, dika, pipin berkumpul pada hari jumat 29 oktober 2010 di pool PO Nusantara yang kan membawa kami ke jepara.
Perjalanan bus bandung-jepara sungguh seperti maen balap NFS pokoknya, sopir busnya pembalap jalanan, pokoknya libas terus,, gak ada yg berani ngelawan, semuanya disikat habis, bikin jantung penumpang (yg terbangun) berdegup kencang, alhasil nyampe jepara pukul 05.00 pagi yg udah sangat terang. Turun diperempatan dilanjutkan naek becak sampai ke pelabuhan yg masih sepi.

DAY 1
Sarapan dulu disana sambil ambil tiket di loket, tinggal ambil aja soalnya kan udah ikut paket tournya. Oh ya, kita klo dari jepara pake KMP Muria. Karena tahu ini kapal satu satunya yg kan membawa kita dari jepara yang hanya ada 2 hari sekali maka jam 7 kita udah naek ke kapal, menunggu sampai jam 9 demi dapat tempat duduk, dan benar saja, jam 8 udah penuh, jam 9 udah banyak yg selonjororan dibawah, di atap gak dapat tempat duduk. Saran saya duduk di pojok belakang bagian kanan biar g panas, pokoknya di lantai yg ada kursi2 banya, tapi di belakng, biar bisa bersandar sambil melihat pemandangan.
Dari jepara jam 9, perjalanan sampai ke pulau karimun memakan waktu 6 jam (alamaakkkk) sampai pukul 15. Sebaiknya bawalah cemilan yang kriuk kriuk, air minum, music biar gak bosen, ato novel mengisi waktu, karena dipastikan akan merasa sangatlah bosan dan merasa pengen nyebur ke laut. Ato cari kenalan buat ngobrol2, Dan di atas kapal inilah kami berkenalan dengan 2 orang yg akhirnya nanti bakal tergabung dalam tim adventure yaitu mas prayit dan mas yoga. Asal tau aja, ternyata mas prayit yg tiinggal di jogja ini adalah kakak kelas saya di SMP dan SMA, selisih 10 tahun… amazing.. ketemu wong pordjo akhire…huahahahaa..

Sesampai di Karimun kita langsung nyari mas supri pemandu kita yg setelah kenal anda bakal jadi gila dibuatnya karena keanehannya dan kita tertular sepertinya. Langsung kita menuju penginapan ROEMAH EMAK yg ternyata deket dermaga dan di depan pantai dan punya halaman dan gazebo dan kamarnya luas nan bersih dan nyaman pokoke. Perlu diinget jangan tanyakan klo listriknya mati, karena disana listrik hanya nyala pukul 18.00-06.00 keren lah, pengehematan.

Sore itu kita hanya istirahat disana,tapi karenan lapar maem dulu depan penginapan sama nasi+ikan (opo to jenenge, pokoke enakkk poll--> jenenge dendeng.. ). Trus aq ma pipin mau mancing, eh ada bapak2 baek banget mau nganter kita ke karambanya dia, trus mancing di lautnya (bukan dikarambanya lho) dan akhirnya setelah perjuangan panjang, dapat juga ikan kerapu saya,, lumayan juga setelapak tangan.. senengnyaaa,, trus malemnya kita ke alun2 karena ada acara dangdutan, goyang manggg,, aheee.. dan disana kita ketemu dengan 3 orang lagi yg bakal menyatu dengan tim kita, yaitu mas ari, mas heru, mas imam. Malam itu kita digoyang dangdut ditemani pak bupati yg rawuh, sambil kita menikmati es degan dan gorengan, asoy bangetlah pokokmen..

Jam 21 kita ijin pulang, mo istirahat buat persiapan besok, dan bener saja, malam itu pulas banget tidurnya enak pokoke, dan sebaiknya malam pertama buat tidur saja cari tenaga, karena malam2 berikutnya dijamin susah tidur, gak nyenyak, lanjut ceritanya duluuu..

DAY 2
Setelah sarapan pesen dari warung depan penginapan (disini jarang warung makan, dan enaknya kita disini di depannya ada warung yg bersedia masakin kita,,, asekkk, baek banget ibunya) kita bertiga menuju kapal yg dah disipakan menuju tempat petualangan kita,dan kita bertemu rekan kita lagi agung dan nif, untuk kemudian menjemput anggota laennya di rumah apung mas prayit, mas yoga, mas ari, mas heru, mas imam, maka lengkaplah tim ini dengan 2 pemandu mas supri dan mas tarul serta juru kapal mang andi (dari sunda apa gimana si ya?)

Perjalanan pertama klo g salah ke pulau tengah, kita snorklingan (pokoknya isinya Cuma snorkeling dan snorkeling, bagi yg gak bisa gak usah khawatir, saya aja gak bisa, jadi cuma nyebur aja buat formalitas biar basah.. wakakakaka.. yo ben) sehabis itu si mas supri ditinggal sendiri di tenggah laut dia nyelem nyari ikan dengan menombak, kerennn coiii..

Siangnya dah dapat ikan cukup banyak, kita bakar2 ikan (udah bawa nasi) dan makan ikan segar yg udah dibakar,,, ajibbbb rasanya bung.. mantapas jaya pokoke,, tanpa dikasih bumbu wes josss tenan.. trus kita jalan2 di pulau itu,, keren pokoke,, suasananya adem, alami, indah, menawan, eksotis,, kerennnn..

Sehabis makan makan kita lanjut lagi ke are snorkeling laen (pulau apa entah namanya) yg hanya ada 1 rumah yg kosong, tapi ada dermaganya kecil. Snorkeling lagi, dan saya mencoba belajar berenang dulu (pake pelampung dan kepek pastinya) dan terbukti saya masih sangatlah cupu bay bay,,,wkwkwkwk..

Pulangnya mampir kepulau yg aneh bin ajaib, hanya segundukan pasir yg lebarnya paling 10 meter persegi klo surut, klo pasang ilang kayaknya tu pulau, rendah banget, dan Cuma pasir seuprit gitu,, tapi keren,, ditengah2 laut ada pulau sekecil itu, jadi kyak film2 donal bebek yg tersesat di pulau yg Cuma ada 1 pohon kelapa, tapi klo itu gak ada apa2nya.. pasir putih aja.

Pokoknya hari pertama itu isinya nyelem, kepanggang matahari, dst,, dan alhasil jadi item, dan yg paling mengnaskan kulit terasa perihhhhhhhh bangett (gak pake sunblock) pokoknya dibagian bahu atas kanan kiri dan bagian lutut, paha, sama kaki, perih nian, palagi pas tidurr,, haduhhh.. dan ini q analisa gara2 masuk air laut, trus duduk di atas kapal berlama2 kepanggang matahari.. kan telanjang dada kaki gitu(bukan telanjang bulat lho,, jgn dibayangin), klo masuk di air terus ato kulitnya terlindungi pakaian si gakpapa..

Sore harinya kita dah gak kuat ngapa2in, janjian mo ke alun2 gak kuat, 2 orang temenku dah tepar semua,,, ngorok dah keras banget, tapi aq nya g bisa tidur, baru tidur jam setengah 12, badan sakit bin perih semua..

DAY 3
Setelah kemarin menyusuri kepulauan di bagian timur, kali ini berganti ke bagian baratnya. Snorkling pertama ternyata kayak ditengah2 laut gitu,, arrghhh siall, gak mau ambil resiko tenggelam saya, saya gak mau turun padahal pemandangannya bagus banget..hahaha.. biarin mo dikatain kalah ama anak TK, urusan lu,, gak pedulii.. gw udah menikmati dengn wisata kek gini,, karep karepe nyong lah..
Dan di area itu banyak ikan yg bertebaran, mantaps lah,,

Setelah dari spot snorkeling tengah laut (ya gak tengah2 banget lah, keedalamaan 3-4 meter biar keliatan terumbu karangnya—deket pulau menjangan besar) kita menuju pulau gak tau saya namanya yg disana tinggal seorang kakek nenek dan hanya mereka yg tinggal karena pulau itu milik pribadi, milik orang luar katanya dan dia disuruh nungguin,
Dan emang di kepulauan karimun banyak pulau pribadi disana, 1 pulau milik sendiri ato 1 pulau milik ber2 ato ber3 klo luas.. yaw ajar aja, jaman tahun 90’an harga tanah masih 3.000/meter katanya.. sekrng dah 35.000/meterny (klo blm naek lagi).

Disana kita bakar2 ikan lagi, tapi dasar pasirnya panas banget karena di terik siang menyengat, klo hari sebelumnya ada mendung2nya. Maka kita hanya bermain2 dibawah pohon, dan menikmati kelzatan ikan bakar tanpa bumbu tapi rasa dan kesegarannya terjamin 100% puasssss.. pokokke ambil dari laut, bersihin, bakarrr, makannn,,, ajibbbbb.. SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH… luar biasa pokokmen…

Bayangpun aq aja ampe menikmati sisa2 terakhir daging di tulagn2 ikan itu bersama mas imam, setelah yg laen bubar grak, kita msih bolak balik tu ikan cari dagingnya ampe sekecil apapun kita lumat, haha.. saking enaknya dan bakal susah klo nyari di bandung, ikan seenak ini..

Spot berikutnya kapalnya berhenti di bagian yg cukup dangkal yg berpasir putih sehingga saya pun nyemplung, se leher lah tingginya, tapi area snorklingnya di kejauhan, gak mauikutan ah.. wong gak bisa berenang, tenggelam mampus saya..

Setelah puas maen disana kita menuju area penangkaran hiu yang katanya masih hiu bayi dan anak2 tapi ukurannya dah jumbo2, dan karena giginya udah dipotong sehingga pengunjung boleh ikut berenang bersamanya.. dan terbukt seorang anak umur 7 tahun lah dia berani beranang diantara mereka yg ganas2 itu,,haha

Dan petualangan di karimun dikahiri dengan poto keluarga.. *eh masih ada dink ceritanya

Malemnya kita ber8 (karena temen2 yg di wisma apung pindah ke pondok roemak emak, karena terjadi pasang dan angin selatan yg kenceng) kita ke alun2 rencana mo cari maem d warung bu ester tapi ternyata udah hbis (katanya ini 1-1 nya warung makan terlengkap dan terenak d karimun,,tapi blm sempet nyobain udah habis aja)
Alhasil aq Cuma mesen bakso dan es degan sahajo, dan tiba2 angin bertiup sangat kencang, dan tik tik tik,, byurrrrr… kayak disiram air se ember gedhe dari langit, hujan turun deras banget, paniklah kita,,
Tapi hanya bertahan paling 5-10 menit, tiba2 udah reda dan bener2 reda lho.. aneh bin heran kuasa ALLAH emng kuar biasa..

Kita mampir dulu di depan ruang aula kecamatan trus ngbrol2 ama orang (jadi di karimun itu ada 2 agen wisata terkenal, yaitu milik pak ***** n pak **** dan kita ikut agen pak ****)
Setelah reda kita pulang, trus d rumah ngobrol2 sama pak gun penunggu gazebo, yang beliau ini meski udah tua merupakan 1-1 nya ahli pembuat kapal yg klo tidur di bibir pantai di gazebo itu hanya berselimutkan tikar saja,,, luar biasa ni si bapak.

Udah jam 23.30 mata dah gak kuat, langsung ambil bantal dan tidurlah saya..
Paginya dpat cerita kurang menyenanglkan, katanya jam 00.00 (kan bru tdur saya) penginapa kita didatengi polisi sekompi bawa mobil patrol dan senjata laras panjang tiba2 gedor2 pintu kamar, dan tanpa ampun tanpa permisi langung nyelonong masuk kamar masih bersepatu lengkap trus nunjukin surat penggeledahan, nah waktu itu yg mbukain dika karena dia blm tidur udah ketakutan aja, g sempet baca, langsung disuruh bangunin kami, Cuma dia meminta untuk tidak mbangunin kami, trus polisinya nanya2, ada berapa disana.. ada 8, trus gedor kamar satunya, akhinua dika n mas ari diinterogasi..

Nanya2 ada ceweknya gak, gak ada pak (klo gak percaya silakan buka satu2 ni pak celananya, candaan temenku pas dicritaiin kisahnya,,wkwkwk, langsung pingsan en teller tu polisi..hahah)

Ada 2 aja si ya. ternyata kita blm didaftarkan pada daftar nama pengunjung.

Anehnya tu polisi kenapa nanya2 ada ceweknya gak? Klo emang sengaja nyari rumah yg ada campur cowok cewek gak jelas gitu pastinya dapet banyak tu, wong yg liburan disana biasanya cowok cewek gitu2,, tapi kok Cuma rumah kita yg diinterogasi, nah lhooo… brarti emng sengaja tu para polisi (katanya ber 8, apa gak sereem tu bawa senjata pula)

DAY 4
Paginya sambil ngobrol2 kejadian itu, sambil bercanda aneh2, dan yg lebih aneh lagi si mas supri, yg biasanya tiap kita Tanya A jawabnya Z, pokoke nyeeleneh, misalnya mas itu ikan apa, dijawab ikan bakar. Pokoknya dijawab sekenanya aja, yg penting simple gak pake mikirr. Pokoke dijamin anda makin stress ketemu orang itu,,,wkwkw
Tapi pas pagi itu yg dibahas tentang penampilan para cewek2 dan artis yg datang kesana yg jadi tamunya dia, yg berbau2 gitulah, nah baru dia bisa serius… bener2 ni orang, klo ditanyain yg bener dan serius jawabnya ngaco, baru ditanya soal gituan baru dia serius…wkwkwkwk… mas supri mas supri.. dan ternyata gak ccuma dia, mas tarul pemandu satunya gak kalah gila, dan tukang bakso yg kita tanyain pun begitu. Pak, kok ini mienya warnanya biru (kan mie bihun itu biasanya putih gitu kan) dijawab aja, soallnya ini deket laut.. jlebbb… melongo, baru ketawa.. wkwkwkwkwk.. siall ni orang sini selera humornya gokil semua…

Hari itu kita kan mo pulang lagi ke jawa, tapi untuk kali ini kita ikut KMC Kartini yg lebih maknyus, dan setelah saya analisa(ngawur) beda KMP Muria dan KMC Kartini yaitu pada huruf P dan C, P artinya pelan, C artinya Cepat, karena terbukti pake KMC Kartini hanya 3 jam, klo pake KMP Muria 6 jam.

Di kapal KMC Kartini malah berasa parah, karena kapalnya cepet, otomatis kan gelombangnya cepet, malah jadi pusink n mual2 saya, dan sampai sekrang udah dibandung pun berasa masih di atas kapal, SAmbil saya ngetik ini merasa masih goyang2 terhuyung2,,,hhaha,a, bener2 efeknya dalem.

Kita berangkat jam 11 siang, nyampe jepara jam 14, beli tiket bus nusantara, trus kerumah temene mas yoga,disuguhi aneka buah2an yg aduhai mempesona dan lezat rasanya, jam 16.30 kita pulang, dika n mak gun kearah solo, mas yoga n mas prayit ke jogja pake travel, mas heru ke semarang mo naek bus k jogja, aq + pipin ke bandung, mas imam+mas ari kejakarta,, berpisah sudah kita semua..
Semoga kita bisa bertemu kembali dipetualanggan mendatang, dan sesuai doa mas prayit yg mo nraktir kita ke wakatobi…semoga terlaksana,, aminnnnnn…..
Salam petualangan gila…

nb
*bandung-jepara bus nusantara : 95.000/orang
*becak sampai pelabuhan: 15.000/becak
*paket tour jepara-karimun-jepara: 350.000/orang
--tiket KMP muria PP
--makan 4x (hari kedua dan ketiga siang malam)
--paket wisata muter2 pulau, snorkling+alatnya pada hari kedua dan ketiga
--penginapan 2 kasur besar, kamar mandi dalem, deket banget ma dermaga, depan pantai, bersih, tenang, halaman luas
*jepara-bandung bus nusantara: 90.000/orang
*sarapan disana selama 3x ama jajan 30.000
*makan2 beli cemilan di alun2 sekitar 20.000 (klo sering jajan n makan ya bakal lbh banyak)
*beli souvenir : tergantung budget dan keinginan
total sekitar 600.000 selama 4 hari 5 malam dari bandung-karimun-bandung
murahhh bosss,,
klo tanpa paket tour wisata jatuhnya bisa lebih mahal lagi.
kmren aq pake paket wisatanya mas alex,, klo disananya ama mas supri, tapi nyari tahu di internetnya mas gadang,.,,hahah,, binung..
klo mau nanya nomernya mas supri hubungi saya saja,,

1. mungkin bisa dilihat di web ini
    itu web resmi paket yg saya ikuti
    kebetulan kmren yg ngurusin dan berhubugan dgn pihak paket itu temen saya, jadi saya kurang tahu detailnya

2. Ada juga orang tua yang sadar lingkungan yang ingin memulai anak mereka? S hidup dengan catatan hijau? dan sling bayi organik yang mudah dibuat, menggunakan serat alami dan tekstil (seperti rami dan kapas dikelantang) sebagai alternatif ramah toko perlengkapan bayi online lingkungan dengan bahan buatan yang ditemukan dalam gendongan bayi tradisional.

3. Untuk yang ingin mendapat info paket wisata karimun jawa bisa kunjungi situs kami